Jumat, 20 April 2012

PENGIRIMAN DAN PERUTEAN PAKET IP


Layanan berbasis sambungan versus tanpa sambungan
Pengiriman paket pada layer network dilakukan baik dengan layanan jaringan berbasis sambungan atau tanpa sambungan.
            Dalam situasi berorientasi sambungan, pertama-tama protokol layer network akan membuat sambungan dengan protokol layer network pada tempat yang jauh sebelum mengirimkan paket. Setelah suatu sambungan terjadi, kumpulan paket dari sumber yang sama kepada tujuan yang sama dapat dikirimkan satu persatu. Pada kasus ini, ada hubungan dari tiap paket. Mereka dikirimkan melalui jalur yang sama secara berurutan. Sebelum dikirimkan, sebuah paket dihubungkan secara logic dengan paket berjalan dan juga setelah dikirimkan. Setelah semua paket pesan berhasil dikirimkan, sambungan diputuskan.

            Pada protokol berorientasi sambungan, keputusan perutean urutan paket yang memiliki alamat sumber dan tujuan yang sama hanya dapat dibuat sekali, yaitu ketika sambungan ditetapkan. Router tidak menghitung rute untuk tiap paket.
            Pada situasi tidak berorientasi sambungan, protokol layer network menghadapi tiap paket secara independent, dan tiap paket tidak berhubungan dengan paket yang lain. Paket dalam pesan dapat dikirimkan melalui jalur yang sama atau pun tidak ke tujuan mereka.
            Protokol IP adalah protokol tanpa sambungan. Dirancang demikian karena IP sebagai protokol internetwork, harus mengirimkan paket melalui jaringan yang heterogen.  Jika IP protokol berbasis sambungan, semua jaringan di internet haus juga berorientasi sambungan, di mana itu bukan kasusnya.

Pengiriman langsung versus tidak langsung
Pengiriman paket pada tujuan akhirnya dapat dilakukan dengan dua metode: langsung dan tidak langsung.
Pengiriman secara langsung                       
Pada pengiriman secara langsung, tujuan akhir dari paket adalah suatu host yang terhubung secara fisik jaringan yang sama dengan pengirim. Pengiriman secara langsung terjadi ketika sumber dan tujuan paket berada pada jaringan fisik yang sama atau pengiriman antara router yang terakhir dengan host tujuan (lihat gambar 6.1).

Gambar 6.1

Pengirim dapat dengan mudah menentukan jika tipe pengiriman adalah langsung. Ia bisa mendapatkan alamat jaringan dari tujuan paket (mensetting bagian host id menjadi 0) dan membandingkannya dengan alamat jaringan itu terhubung. Jika cocok, pengiriman adalah langsung.
            Pada pengiriman secara langsung, pengirim menggunakan lamat IP tujuan untuk mendapatkan alamat fisik tujuan. Perangkat lunak IP kemudian mengantarkan alamat IP tujuan dengan alamat fisik tujuan kepada layer data link untuk pengiriman actual. Proses ini dinamakan pemetaan alamat IP kepada alamat fisik. Walaupun proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan table, akan kita lihat pada bab 8 bahwa protokol penentuan alamat (ARP) memetakan alamat IP pada alamat dinamis yang bersangkutan secara dinamis.

Pengiriman secara tidak langsung
Jika host tujuan tidak berada pada jaringan yang sama dengan pengantar, maka paket dikirimkan secara tidak langsung. Pada pengiriman secara tidak langsung, paket melewati router-router hingga mencapai router yang yang terhubung secara fisik dengan tujuan akhir.
            Perhatikan bahwa pengiriman selalu melibatkan satu pengiriman secara langsung tapi mungkin 0 atau lebih pengiriman secara tidak langsung. Ingat juga bahwa pengiriman terakhir selalu pengiriman secara langsung.

Gambar 6.2

Pada pengiriman secara tidak langsung, pengirim menggunakan alamat IP tujuan dan table routing untuk menemukan alamat IP dari router berikutnya tempat paket akan dikirimkan. Kemudian pengirim menggunakan protokol ARP untuk menemukan alamat fisik dari router berikutnya. Perhatikan dalam pengiriman secara langsung, pemetaan alamat adalah antara alamat IP tujuan akhir dengan alamat fisik tujuan akhir. Pada pengiriman secara tidak langsung, pemetaan adalah antara alamat IP router berikutnya dengan alamat fisik dari router berikutnya.

Metode Perutean
Perutean memerlukan sebuah host atau router untuk mendapatkan tabel perutean. Ketika sebuah host akan mengirimkan paket atau router menerima paket untuk dikirimkan lagi, ia akan melihat pada tabel ini untuk menemukan rute ke tujuan akhir. Bagaimanapun juga, solusi yang sederhana ini menjadi tidaka mungkin lagi untuk saat ini pada jaringan internet karena jumlah masukan pada tabel perutean membuat pencarian pada tabel menjadi tidak efisien.
            Beberapa tehnik dapat membuat ukuran dari tabel perutean dapat diatur dan juga menangani isu-isu yang lain seperti keamanan. Berikut tehnik-tehnik tersebut.

Perutean lompatan berikutnya
Salah satu tehnik untuk mengurangi isi dari tabel perutean adalah perutean lompatan berikutnya (Next Hop Routing). Pada tehnik ini, tabel perutean hanya menyimpan alamat lompatan berikutnya dan tidak menyimpan informasi rute secara lengkap. Masukan dari tabel perutean harus konsisten antara satu dan yang lain. Gambar 6.3 menunjukkan bagaimana tabel perutean dapat disederhanakan dengan menggunakan tehnik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar mu introfeksi bagi ku...
kesan mu adalah hasil kerja ku...